MENJAGA PROFESIONALISME DI TEMPAT KERJA

Ilustrasi -- MI/Adam Dwi/wt
Bersifat profesional memang sulit dilakukan di tempat kerja. Tapi bukan berati tidak dapat dilakukan sama sekali. Nah, Anda dapat menerapkan sikap tersebut dengan cara berikut:

1. Tepat waktu
Mengerjakan segala sesuatu tepat waktu merupakan faktor penting dalam profesionalisme. Jadi, pastikan Anda bukan orang terakhir yang tiba di kantor dan menghabiskan banyak waktu untuk menjelaskan alasannya kepada bos. Ingatlah untuk selalu tepat waktu.

2. Kompetensi
Menggunakan kompetensi di kantor tak hanya membantu meningkatkan penilaian kerja Anda. Kompetensi juga memberikan citra yang baik tentang Anda kepada rekan kerja dan bos.

3. Hormati tenggat waktu
Batas waktu tak diatur untuk bersenang-senang. Jangan biasakan diri Anda santai mengerjakan sebuah tugas hingga molor dari tenggat waktu. Sampaikan laporan tepat waktu.

4. Bangun integritas
Kejujuran dan integritas merupakan keunggulan seorang perofesional. Bagaimana bisa Anda berharap bos akan mempercayai Anda bila integritas Anda minim?

5. Sopan
Sikap ini sangatlah penting bila ingin berlaku profesional di tempat kerja. Pastikan Anda menerima standar sikap dan kebiasaan. Jangan berbicara dengan nada tinggi dan merendahkan bawahan Anda.

6. Hormati rekan kerja
Anda tak bisa mengharapkan rasa hormat bila Anda tak menghormati teman-teman kerja. Jadi hargai rekan-rekan Anda. Mereka juga akan membalasnya dengan kebaikan.

7. Jangan ikut bergosip
Tempat kerja untuk bekerja. Jadi, jangan bergosip tentang belanja akhir pekan Anda atau seberapa gantengnya pacar Anda.

8. Tinggalkan pekerjaan rumah
Terutama perempuan, menyeimbangkan kehidupan kerja dengan pekerjaan rumah itu penting. Jadi, Anda harus menghindarkan membawa urusan pribadi ke kantor.

9. Perhatikan penampilan Anda
Anda tak harus tampak seperti seorang supermodel di tempat kerja. Tapi Anda harus berpakaian dengan rapi. Itulah salah satu sikap profesional.

10. Menilai diri Anda
Nilailah diri Anda sendiri. Mampukah Anda bekerja secara profesional? Bila merasa ada yang kurang, tak ada salahnya untuk memulainya, bukan

Sumber artikel :

1 komentar:

  1. Terima kasih informasinya sangat bermanfaat dan menambah wawasan , oya untuk situs mencari tempat kerja online mungkin bisa berkunjung di qerja.com

    BalasHapus